Sabtu, 21 Februari 2015

Kelahiran Teh di Tiongkok

Teh sering dianggap sebagai minuman yang berasal dari Inggris, dan  memang mereka telah meminumnya selama lebih dari 350 tahun. Namun pada kenyataannya sejarah teh lebih jauh lagi sebelum itu.

Kisah teh dimulai di Tiongkok. Menurut legenda, pada 2737 SM, kaisar Cina Shen Nung sedang duduk di bawah pohon sambil pelayannya merebus air minum, ketika beberapa daun dari atas pohon masuk ke dalam air. Shen Nung, yang juga terkenal sebagai tabib, memutuskan untuk mencoba campuran yang tidak sengaja dibuat oleh pelayannya. Pohon tersebut adalah Sinensis Camellia, dan minuman yang dihasilkan adalah apa yang sekarang kita sebut teh.

Kita tidak tahu kebenaran cerita di atas, tapi yang jelas minum teh telah menjadi kebiasaan umum di Tiongkok selama berabad-abad, jauh sebelum dunia Barat mengetahuinya. Mangkuk teh telah ditemukan di makam yang berasal dari Dinasti Han (206 SM-220 M), namun teh benar-benar menjadi minuman secara nasional di Tiongkok terjadi pada Dinasti Tang (619 - 906 M). Bukti bahwa teh telah menjadi minuman favorit di Tiongkok pada akhir abad ke 8 dapat dilihat dalam kitab yang ditulis Lu Yu yaitu Ch'a Ching atau Teh Klasik, yang sepenuhnya bercerita tentang teh. Tak lama setelah kitab tersebut ditulis, teh diperkenalkan ke Jepang oleh para Biksu Budha yang melakukan perjalanan ke Tiongkok untuk belajar. Hingga akhirnya minum teh menjadi bagian penting dari budaya Jepang seperti yang terlihat dalam pengembangan Upacara Minum Teh yang awalnya bersumber dari kitab Ch'a Ching.

-Disarikan dari berbagai sumber- 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar